Pengukuran Resistivitas Sounding (drilling)

Cara ini umum di kenal sebagai Resistivitas Drilling, Resistivitas Probing dan lain-lain. Hal semacam ini berlangsung lantaran pada cara ini mempunyai tujuan untuk pelajari macam resistivitas batuan di bawah permukaan bumi dengan cara vertical.

Pada cara ini, pengukuran disuatu titik sounding dikerjakan dengan jalan mengubah-ubah jarak elektroda. Pergantian jarak elektroda ini tak dikerjakan dengan cara asal-asalan, namun dari mulai jarak elektroda kecil lalu jadi membesar dengan cara grundal.

Pengukuran geolistrik (gambar dari google image)

Jarak elektroda ini sepadan dengan kedalamn susunan batuan yang bisa diselidiki. Pada pengukuran sesungguhnya, pembesaran jarak elektroda mungkin saja dikerjakan bila memiliki satu alat geolistrik yang ideal. Dalam soal ini alat geolistrik itu mesti bisa membuahkan arus listrik yang cukup besar atau alat itu mesti cukup peka dalam mendeteksi benda mungkin yang kecil sekali. Oleh karenanya, alat geolistrik yang baik yaitu alat yang bisa membuahkan arus listrik cukup besar serta memiliki sensitifitas yang cukup tinggi.

Pengukuran geofisika dengan memakai cara resistivitas (geolistrik) mempunyai tujuan untuk peroleh susunan resistivitas bumi. Susunan resistivitas bumi yaitu macam harga resistivitas pada dari permukaan tanah (Awaluddin, 2004).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar