Teori Geolistrik

Jual alat geolistrik. Cara Geolistrik yaitu salah satu cara geofisika yang pelajari karakter kelistrikan dalam bumi serta bagaimanakah mendeteksinya dipermukaan bumi. Dalam soal ini mencakup pengukuran mungkin, arus serta medan elektromagnetik yang berlangsung, baik dengan cara alamiah ataupun disebabkan injeksi arus kedalam bumi. Cara ini mempunyai tujuan untuk pencarian mineral, riset panas bumi, pemilihan kedalaman susunan overbuden batubara serta pencarian sumber air (akuiver) yang diprediksikan prospek.

DASAR TEORI
Cara Geolistrik dikerjakan lewat cara kirim arus serta mengukur tegangan atau mungkin yang terbaca dipermukaan, hingga didapat resistivitas atau tahanan type antar susunan batuan dibawah permukaan bumi, serta ketebalan semasing susunan batuan itu. Cara geolistrik memiliki banyak jenis, termasuk juga didalamnya mungkin diri, arus telurik, elektromagnetik, induksi polarisasi, serta resistivity (tahanan type).

Cara Geolistrik dengan cara garis besar dibagi jadi 2 jenis, yakni :
1. Geolistrik yang berbentuk pasif
Di mana daya yang diperlukan sudah ada terlebih dulu hingga tak dibutuhkan ada injeksi/pemasukan arus terlebih dulu. Geolistrik jenis ini dimaksud Self Mungkin (SP).
2. Geolistrik yang berbentuk aktif
Di mana daya yang diperlukan ada lantaran penginjeksian arus ke bumi terlebih dulu. Geolistrik jenis ini ada 2 cara, yakni cara resistivitas (tahanan type) serta polarisasi terimbas (Induced Polarization).

Masing-masing media memiliki karakter yang tidak sama pada aliran listrik yang melaluinya, hal semacam ini bergantung pada tahanan macamnya. Pada cara ini, arus listrik diinjeksikan ke bumi lewat dua buah elektroda arus serta lain mungkin. Dari hasil pengukuran arus serta lain mungkin untuk tiap-tiap jarak elektroda lalu bisa di turunkan harga variasi harga kendala type semasing susunan bawah permukaan bumi, di bawah titik ukur (sounding point).

Cara ini lebih efisien apabila digunakan untuk eksplorasi yang sifatnya relatif dangkal. Cara ini tidak sering memberi info susunan kedalaman yang kian lebih 1000 atau 1500 feet. Oleh karenanya, cara ini tidak sering dipakai untuk eksplorasi hidrokarbon, namun semakin banyak dipakai untuk bagian engineering geology seperti pemilihan kedalaman batuan basic, pencarian reservoar air, eksplorasi geothermal, serta untuk geofisika lingkungan.

Teori Geolistrik
Jadi metoda resistivitas ini pelajari perihal ketidaksamaan resistivitas batuan lewat cara memastikan pergantian resistivitas pada kedalaman. Tiap-tiap medium pada intinya mempunyai karakter kelistrikan yang di pengaruhi oleh batuan penyusun/komposisi mineral, homogenitas batuan, kandungan mineral, kandungan air, permeabilitas, struktur, suhu serta usia geologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar