.::. Lima Hal Yang Perlu Dilakukan Di Tahun ini .::.

Walaupun telat posting tulisan ini karena tidak saya poskan di awal tahun, tapi mudah-mudahan masih ada yang mau membacanya.

Pertama: Buatlah catatan
Buatlah catatan harian dan planing anda ke depan.
Dengan catatan harian dan planing Anda bisa mengukur seberapa besar perubahan kuantitatif dan kualitatif hidup Anda.

Dengan catatan planing Anda memiliki target hidup apa yang harus diselesaikan pekerjaan, rencana kerja, bahkan ide-ide yang harus Anda selesaikan di depan. Hal ini akan mengurangi kerja otak Anda sebab sebuah catatan akan membantu meringankan tambahan beban bagi otak Anda.

Kedua: Ikutlah Kursus atau Program Pendidikan lain
Tidak masalah dengan usia anda saat ini, kursus atau pendidikan akan memberikan tambahan kemampuan otak Anda. Setidaknya akan menambah bijaksana dalam setiap menyelesaikan persoalan hidup.

Dengan semakin diupgradenya wawasan Anda dengan mengikuti kursus atau pendidikan,

akan lebih meningkatkan fleksibilitas Anda dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman.

Ketiga: Telponlah Seorang Sahabat Sekolah Anda
Anda mungkin telah melupakannya. Seorang sahabat yang waktu sekolah merupakan sahabat karib, sekarang karena mungkin telah terpisahkan oleh jarak, waktu, dan kesibukan Anda, Anda telah melupakannya.

Betapa kagetnya seorang sahabat Anda ketika tiba-tiba Anda menghubunginya. Ingatan Anda dan seorang sahabat Anda akan kembali ke masa silam, mengenang kembali masa-masa waktu sekolah.

Cobalah! Mungkin hal ini akan menjadi pemicu adrenalin untuk mengobati kelesuan hidup Anda.

Keempat: Sentuhlah Sisi Spiritual dari Kehidupan Anda
Kehidupan yang super sibuk akan menyebabkan matinya hati jika tanpa disertai dengan kesadaran diri untuk memagari keimanan kita kepada Yang Maha Pencipta.

Cobalah untuk mengingat, “dari mana kita berasal dan kemana kita akan kembali?”

Kelima: Tanamlah sebuah Pohon Untuk Anak cucu Anda
Anda tentu tahu, setiap hari ada ribuan bahkan jutaan batang pohon menghilang dari dunia. Jika semua orang berpikiran cuek terhadap hal ini, akan berupa apa bumi kita? Sedangkan salah satu zat sumber kehidupan (baca: oksigen) harus dibantu dengan keberadaan pohon.

Sekarang sudah waktunya semua orang menyadari arti pentingnya sebuah pohon untuk kehidupan masa depan anak cucu Anda.

Anda bijaksana jika menanam sebuah pohon di tahun ini. Tidak perlu tiap bulan jika hal itu memberatkan Anda. Cukup setiap tahun satu pohon Anda tanam. Dimanapun Anda ingin menanamnya. Di pekarangan rumah Anda sendiri, di hutan, di halaman rumah orang lain jika mengijinkan, atau dimanapun Anda suka.

Jika tiap tahun masih merepotkan anda, sebaiknya diusahakan sekali seumur hidup mudah-mudahan pohon yang Anda tanam memberikan manfaat bagi anak cucu Anda.

Ada sebuah tips agar anda memiliki kemauan untuk menenam pohon tahun ini. Buatlah plakat yang menuliskan tiap anak dan tiap pohon. Sebuah plakat ini dapat dituliskan kalimat sederhana seperti, “Dipersembahkan untuk Najla Haifa, lahir tahun....”

Dan jika plakat itu mungkin terlalu besar untuk dipasang di pohon karena pohonnya masih terlalu kecil, berikan saja plakat tersebut kepada anak atau cucu Anda untuk dipasangkan di kemudian hari setelah anak atau cucu Anda menginjak dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar