Hati-hati Menyimpan Data di Situs Pertemanan !

Situs pertemanan memang kini sudah populer menjadi ajang pencarian teman, atau bahkan juga jodoh. Lihat saja www.Friendster.com, misalnya, saat ini menjadi situs pertemanan yang paling popular dengan jumlah anggota yang mencapai ± 1 milyar orang di seluruh dunia. (ck..ck..ck… banyak amat )

Tapi, bisa saja situ situ menjadi malapetaka bagi kita kalau kita tidak berhati-hati. Lho kok bisa?? Bisa saja! Masih ingat hilangnya data pada situs pertemanan (social networking sites) paling populer di Indonesia, Friendster, beberapa pekan lalu? Hilangnya data penting para anggota situs pertemanan itu tidak lepas dari ulah para hacker atau pelaku cyber crime lainnya.

Sejumlah teknisi dan pakar IT di Kaspersky Lab, Rusia mengaku mendengar hilangnya data-data para anggota Friendster, namun mereka meyakini hal itu bisa terjadi karena kesalahan teknis di dalam Friendster sendiri.

Situs pertemanan saat ini menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan cyber. Kaspersky Lab sudah lama mengantisipasinya dan kini terus mengembangkan dan meningkatkan pengamanannya. Hal yang bisa dikatakan kepada para pengguna situs pertemanan (Friendster, facebook, Hi5, Kapanlagi, dsb), jangan menaruh data-data penting pada situs itu.

Data-data penting yang sebaiknya tidak dicantumkan itu antara lain nomor ponsel, nomor rekening bank, atau data penting lainnya seperti nomor kartu identitas diri. Para pelaku cyber crime bisa beroperasi ke situs pertemanan mulai dengan cara sederhana, yakni mencuri password pengguna. Setelah itu biasanya para pelaku mengacaukan data pengguna, menjadikan pertemanan jadi ajang caci maki. Intinya, mereka berusaha menghancurkan kepercayaan satu sama lainnya yang bisa menghancurkan pertemanan itu sendiri.

Selain itu, para pelaku cyber kini mulai memasukkan malware ke hampir semua situs pertemanan, termasuk Facebook, dimana pelaku memaksa pengguna untuk membuka situs siluman yang dikehendaki pelaku dengan cara pop up.
Pesan: Harus cepat bereaksi jika tampilan utama situs pertemanan Anda justru berisi ajakan permusuhan atau ajakan berkonotasi menyimpang lainnya. Besar kemungkinan situs pertemanan Anda sudah tersusupi virus jahat.

Sumber: (Kompas: Kaspersky Lab, Rusia)
Edited by: ezra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar