Cara Menjadi Kreatif

Dalam bukunya Julius Candra, Kreativitas: Bagaimana menanam, membangun dan mengembangkannya, dikatakan bahwa kreativitas adalah kemampuan mental dan berbagai jenis keterampilan khas manusia yang dapat melahirkan pengungkapan yang unik, berbeda, orisinal, sama sekali baru, indah, efisien, tepat sasaran dan tepat guna.

Dari pengertian di atas, dalam arti khusus, dapat disimpulkan dengan beberapa kata kunci, kreatif yaitu padu atau paduan, kombinasi, pengaitan dan penembusan terhadap medan pengertian baru. Artinya ada sesuatu yang baru sebagai hasil cipta karya orisinal tanpa meniru secara utuh.

Berangkat dari pengertian-pengertian di atas ternyata saya tidaklah kreatif karena sebagian besar konten blogku hasil dari kliping dan copas...wekekek... namun demikian bagiku itu adalah permulaan yang cukup baik, ya nggak? Daripada tidak sama sekali. Tokh ngeblog itu ... gratis. Lagian saya tidak selalu melakukan copas secara utuh (kecuali untuk blog yang english version coz emang agak mumet sih).

Terkadang saya merasa iri kepada sobat-sobat. Saat saya melakukan blog walking, banyak kutemui blog-blog yang very excellent dengan pengaturan yang rapi, konten yang berbobot, waaahh pokokna mah banyak sekali yang belum saya bisa. Kelihatan nubina euy sayah teh. Dibanding dengan sobat yang kutemui, blog saya masih jauh dari kata bagus, bahkan blog saya terlihat amburadul en acak adut. Ternyata pula kreatif tidak mengenal usia ya. Lihatlah bayumukti, usianya pasti jauh lebih muda dari saya, tapi saya salut dengan dia, dengan kegigihan dan kreativitasnya. Patut saya acungi dua jempol.

Ikan cucut ikan hiu...lanjut yuuu....!!!

Salah satu cara menjadi kreatif adalah adanya keinginan yang kuat untuk menjadi kreatif. Mengapa demikian? Sebanyak apapun referensi yang Anda baca untuk menjadi kreatif hanya akan hinggap sebentar saja di otak Anda. Anda hanya akan termotivasi saat membaca buku-buku referensi tersebut selanjutnya....itu hanya akan menjadi motivasi sesaat. So...do it selalu, dan yang terpenting adalah biasakan Anda melakukan sesuatu dengan perasaan eureka (perasaan bahagia saat Anda berusaha memecahkan masalah dengan cara kreatif).

Selanjutnya silahkan berlatih untuk selalu berpikir dengan gila yakni bermain-main dengan gagasan, misalnya menggabungkan, mengecilkan, membesarkan, memanjangkan, memendekkan, menyesuaikan, menggunakan secara baru, dan lain sebagainya.

@ kuatpria.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar