Siapakah Ulil Amri itu???

Ali bin Abi Thalib berkata dari ibnu Abbas: Ulill Amri diantara kalian adalah ahli fiqih dan ahli agama.
Demikian pula Mujahid,"Atha',Hasan AL Basri, dan abu Al-'Aliyah berkata : Ulill Amri diantara kalian adalah ULAMA.
Allah berfirman :
"Mengapa orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka tidak melarang mereka mengucapkan perkataan bohong dan memakan yang haram?. Sesungguhnya amat buruk apa yang telah mereka kerjakan itu."(QS:ALMAIDAH:36)

"Dan kami tidak mengutus sebelummu, kecuali orang-orang lelaki yang kalmi beri wahyu kepada mereka, maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui."(QS:AN-NAHL:43)

Di dala hadist sahih yang disepakati keshahihannya yang diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa RAsulullah SAW bersabda :" barang siapa yang taat kepadaku, maka berarti taat kepada Allah. Dan barang siapa yang bermaksiat kepadaku, maka berarti ia bermaksiat kepada Allah. BArang siapa yang menaati amirku, maka berarti ia menaatiku. Dan barang siapa yang bermaksiat kepada amirku, maka berarti ia bermaksiat kepadaku".
ini semua adalah perintah untuk menaati para ulama dan umara.

Untuk itu Allah SWT berfirman Taatlah kepada Allah yaitu ikutilah Kitab-Nya, dan taatlah kepada Rasul yaitu pegangla sunnahnya, dan ulil amri diantara kalian yaitu pada apa yang mereka perintahkan kepada kalian dalam rangka taat kepada Allah, bukan dalam maksiat kepada-Nya. karena, tidak berlaku ketaatan kepada mahkluk dalam rangka maksiat kepada Allah. sebagaimana dalam hadits shahih :"ketaatan itu hanya dalam hal yang ma'ruf dan benar".


Refference:
aliran dan paham sesat di Indonesia: Hartono Ahmad Jaiz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar